Koran Harian Bandung yang Masih Eksis

Sampai hari ini, “hanya” ada lima surat kabar (koran) harian umum yang diterbitkan di wilayah Bandung Raya (Jawa Barat). Kelima koran harian tersebut yaitu Pikiran Rakyat, Galamedia (Grup Pikiran Rakyat), Tribun Jabar (Kelompok Kompas Gramedia), Radar Bandung (Jawa Pos Group), dan Bandung Ekspres (Jawa Pos Group).

Selain itu, masih ada koran harian umum yang beredar di wilayah Bandung Raya (Jawa Barat), tetapi terbitan daerah lain, dalam hal ini DKI Jakarta. Sebutlah Kompas, Republika, dan SINDO (Seputar Indonesia). Ketiga koran itu menerbitkan suplemen edisi Bandung (Jawa Barat)-nya. Selebihnya, ada pula Media Indonesia, Koran Tempo, Rakyat Merdeka, dan Lampu Merah, serta sesekali (baca pula: di beberapa kawasan tertentu) Pos Kota, Warta Kota, dan Koran Jakarta. Padahal, ketika kita baru memasuki era reformasi, Bandung Pos (Bandung), Suara Publik (Bandung), Surabaya Post (Surabaya), dan Jawa Pos (Surabaya) sempat hadir.

Berikut ini alamat redaksi (jalan, nomor telepon, nomor fax, situs web, dan email) Pikiran Rakyat, Galamedia, Tribun Jabar, Radar Bandung, dan Bandung Ekspres.

Koran Harian Umum Pikiran Rakyat

Penerbit: PT “Pikiran Rakyat Bandung”

Alamat Redaksi: Jln. Soekarno-Hatta No. 147 Bandung 40223, Kotak Pos 1254

No. Telepon: 022-6037755 (Hunting)

No. Fax: 022-6031004-6002751

Situs web: http://www.pikiran-rakyat.com

Email: redaksi@pikiran-rakyat.com

 

Koran Harian Umum Galamedia

Penerbit: PT Galamedia Bandung Perkasa

Alamat Redaksi: Jln. Blk. Factory No. 2B Bandung 40111

No. Telepon: 022-4210063-4205347

No. Fax: 022-4205262

Situs web: http://www.klik-galamedia.com

Email: gemarku@yahoo.com

 

Koran Harian Pagi Tribun Jabar

Penerbit: PT Bandung Media Grafika

Alamat Redaksi: Jl. Sekelimus Utara 2-4 Soekarno-Hatta Bandung

No. Telepon: 022-7530666 (Hunting)

No. Fax: 022-7530655 (Umum), 022-7530656 (Redaksi), dan 022-7530657 (Iklan)

Situs web: http://www.tribunjabar.co.id

Email: redaksi@tribunjabar.co.id

 

Koran Harian Pagi Radar Bandung

Penerbit: PT Radar Bandung Intermedia

Alamat Redaksi: Jalan Gandapura No. 61 Bandung

No. Telepon: 022-4221240

No. Fax: 022-4204372

Situs web: http://www.radarbandung.co.id

Email: radarbandung@gmail.com

 

Koran Harian Umum Bandung Ekspres

Penerbit: PT Wahana Semesta Bandung Ekspres

Alamat Redaksi: Jalan Soekarno-Hatta No. 627 Bandung

No. Telepon: 022-7302838, 7311949

No. Fax: 022-7316634

Situs web: http://www.bandungekspres.com

Email: redaksi@bandungekspres.com dan bdgekspres@gmail.com

37 responses

  1. Saya mau memuat berita penipuan di dealer mobil di bandung,bgmn caranya ya? Kl bisa sekalian ke media elektroni..

    1. PERTAMA, Kalau anda “berani”, anda bisa membuat surat pembaca ke media-media yang dituju. Namun, segala tanggung jawab (dari pencemaran nama baik) merupakan tanggung jawab ada sendiri sebagai pembuat surat pembaca.

      Atau, KEDUA, Anda bisa mendatangi redaksi media-media yang dituju. Di sini anda adalah pembuat berita (newsmaker) dan wartawan adalah penulis berita. Namun, wartawan tidak langsung memuat berita apa yang anda katakan, tetapi ia mengkonfirmasikan kepada sumber yang dituju, misalnya dealer mobil sebagaimana anda maksud. Ini demi kode etik jurnalistik dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  2. R.S. Kusumawardani | Balas

    saya mau memasang iklan mengenai jual – beli motor, biasanya lebih banyak di koran apa ? yang terbit di wilayah bandung.

    1. Ya, banyak. Tergantung selera pengiklan. Di koran harian (Bandung): Pikiran Rakyat, Galamedia, Tribun Jabar, Radar Bandung, dan Bandung Ekspres.

  3. saya mau buat iklan di koran bandung,mencari tenaga bakery

    1. klo mau psng dbandung ekspress ajh.. :)

  4. U . Suradi Permana | Balas

    Mau komentar tentang pju di cikalang cileunyi kenapa pada gak menyala padahal semua pakai energi dari sinar matahari , sering terjadi kecelakaan di malam hari.
    Mohon diperhatikan dan dipertimbangkan
    terima kasih

  5. vicky yuni angraini | Balas

    saya mau nulis artikel atau puisi, itu gimana ya?

    1. Sederhana. Tinggal tulis artikel/puisi, lalu kirim ke media. Perhatikan pula karakter medianya. Dimuat syukur, tidak dimuat bukan berarti kiamat.

  6. mau tanya, jadi kalau boleh disebutkan, ada berapa total jumlah koran harian yang diedarkan di wilayah bdg raya / jawa barat, baik itu terbitan bdg maupun terbitan daerah lain? terimakasih

    1. Di daerah Bandung Raya saja ya?! Kalau se-Jawa Barat, saya tidak tahu persis. Surat kabar (koran) harian yang beredar di Bandung Raya yaitu:

      Terbitan BANDUNG RAYA: Pikiran Rakyat, Galamedia, Tribun Jabar, Radar Bandung, Bandung Ekspres, dan Inilah Koran. Sebagai catatan, menurut beberapa tukang/lapak koran, Bandung Ekspres sudah dijatah. Artinya, katanya, setiap lapak koran dijatah dua eksemplar. Namun, ada juga yang lebih. Selain itu, ada juga lapak koran yang tidak dikirimi Radar Bandung dan Bandung Ekspres. Selain Radar Bandung dan Bandung Ekspres, keempat koran lainnya selalu hadir di lapak-lapak koran. (Mungkin setiap penerbit punya strategi).

      Surat kabar (koran) harian dari JAKARTA yaitu Pos Kota, Warta Kota, dan Koran Jakarta. Namun, berdasarkan pengamatan saya sebagai penglihat, pencari, dan pembeli koran, ketiga koran harian dari Jakarta itu tidak mesti semuanya ada di lapak-lapak koran secara bersamaan. Boleh jadi hanya koran A dan koran B, sedangkan koran C tidak ada. Begitu seterusnya setiap lapak koran. Namun, pada umumnya, koran-koran dari Jakarta ini tidak beredar luas seperti halnya koran-koran dari Bandung Raya. Jadi, hanya ada di tempat-tempat tertentu saja.

      Surat kabar (koran) harian NASIONAL yaitu Kompas, Republika, Media Indonesia, SINDO (Seputar Indonesia), Koran Tempo, Rakyat Merdeka, dan Lampu Merah. Sementara itu, Bisnis Indonesia, Suara Pembaruan, dan (kalau tidak salah) Sinar Harapan ada di lapak-lapak koran tertentu.

      Surat kabar (koran) harian berbahasa INGGRIS yaitu Jakarta Post. Namun, hanya ada di beberapa lapak tertentu.
      Surat kabar (koran) harian OLAHRAGA yaitu TopSkor dan GoSport. Namun, khusus untuk GoSport, tidak di semua lapak koran. Selebihnya, sempat muncul TotalSport, tetapi kini, katanya, tidak beredar lagi.

      Terlepas dari itu, menurut survey saya, semua koran hampir pasti tersedia di Alun-alun Bandung. Komplet. Mungkin karena Alun-alun Bandung dekat dengan Bursa Koran Cikapundung ya?!

      Catatan: Saat ini, koran terbitan dari Jawa Tengah (Semarang) dan Jawa Timur (Surabaya) sudah tidak ada. Mungkin seperti dari Jawa Timur sudah diwakili oleh Radar Bandung dan Bandung Ekspres.

      Baca juga: http://novanmedia.wordpress.com/2009/07/15/media-yang-diterbitkan-di-kawasan-bandung-raya/#more-44

  7. mau nanya nie klo nyetak koran sendiri bisa gax yah?
    team kami maw cetak koran sendiri …. saya kurang tahu percetakan koan di bandung buat terbitkan koran kami t

    1. Cetak sendiri ya boleh. Asal punya mesin cetak sendiri :) Atau mencetak ke pihak lain. Di Bandung misalnya, bisa di PT Granesia. Bisa juga ke sekitar Jalan Pagarsih. Hal yang perlu dicatat, setiap percetakan memiliki minimal jumlah eksemplar.

    2. Harian Umum BANDUNG EKSPRES menerima cetak juga..

      1. bahasa sunda

  8. Saya sedang cari alamat penjual koran-koran kompas edisi lama(2008) ϑΐ Bandung,dpt dibantu?

    1. Kalau penjual, saya tidak tahu. Coba saja lihat arsipnya di Balai Arsip Pers Tjetje Senaputra (PT Balai Iklan) yang di Jalan Kopo No. 304 Kota Bandung.

      1. Ya,terima kasih sarannya

  9. saya mau mengiklankan jual rumah, baiknya melalui koran apa? bagaimana caranya

  10. selamat pagi, saya Dewi saya mau bertanya kalau misal saya ingin menjadikan koran harian bandung buat jadi sponsor media patner bagaimna syarat-syaratnya ia, trimakasih

    1. Syarat-syaratnya tentu tergantung pada perusahaan media yang bersangkutan :)

    2. Permisi…Mohon Ijin
      Barangkali Ada Yang Mau Pasang Iklan Di HU.Bandung Ekspres (Jawa Pos Grup)
      Bisa Hub. 022.70157839 – 087825150035
      Terima Kasih

  11. pagi, numpang tanya kalau saya mau iklan pengumanan panggilan pengadialn utk kasus penceraian. Apa Ada Bs bantu Contoh yg udah ada. Krn yg kita dpt dr pengacara panjang. utk diiklan kan bs hbs byk. Dan ada rekomen koran mana yg murah utk pasang iklan dr 5koran di bandung itu. Trims atas bantuan nya.

    1. Utk pemanggilan ya? Utk formalitas atau efektivitas? Kalau formalitas, mungkin bisa pilih yg “murah”. Dari 6 koran harian hanya 3 yg muat harganya di koran.

      1. utk formalitas atau efektifitas, benar nya kasus y serius pak. utk panggilan apa ada gugatan atau tuntutan dr pihak lawan utk kita.

      2. OK, saya mengerti bahwa namanya kasus tentu serius :) Untuk mempersingkat waktu, saya ingin menyampaikan informasi iklan yang dimuat di media harian Bandung. Kalau tidak dimuat di korannya tentu saya tidak bisa tahu. Sebetulnya, anda bisa segera melihatnya di koran Bandung yang anda baca. [Silakan, anda tinggal memilihnya. Saya hanya memberi tahu harga (iklan baris dan) iklan kolom hitam/putih (BW) karena kelazimannya seperti itu. Kalau tidak ada iklan kolom, mungkin beberapa media menerapkan iklan display.]

        Berdasarkan pengamatan saya di koran-koran, untuk iklan pemanggilan (pengadilan), biasanya dimuat dalam iklan kolom. Saya kira, advokat memiliki “kebiasaannya” untuk isi iklan. BTW, kalau isi iklannya banyak, mau tidak mau, kita mesti ikuti. Pengacara kan yang mengetahui kejelasan dan efektivitasnya. Ini demi anda/klien juga, bukan?

        Iklan di Pikiran Rakyat:
        Iklan baris (minimal 2 baris, maksimal 7 baris): Rp 22.500,- per baris dan Rp 35.000,- per baris (Sabtu).
        Iklan kolom (20 mm s.d. 100 mm): Rp 15.000,-/mmk dan Rp 22.500,-/mmk.

        Iklan di Galamedia:
        Iklan baris (minimal 2 baris, maksimal 7 baris): Rp 12.500,- per baris.
        Iklan kolom (20 mm s.d. 100 mm): Rp 10.000,-/mmk.

        Iklan di Tribun Jabar:
        Iklan baris: Rp 98.000,- per 2 baris.
        Iklan kolom: Rp 20.000,-/mmk.

        Iklan di Radar Bandung:
        Iklan baris: Rp 12.000,-
        Iklan pengumuman: Rp 15.000,-/mmk.

        Iklan di InilahKoran:
        Iklan baris (minimal 2 baris): Rp 12.500,- per baris.

        Demikian. Semoga bisa membantu.

  12. saya mau tanya bagaimana caranya untuk jadi media partner di surat kabar?

  13. ADA YANG TAU NO TLP KANTOR INILAH KORAN BERAPA YA ?

  14. koran apa yang paling diminati di cimindi bandung?

    1. Perlu dijawab nggak ya? :)

  15. ada gak rubrik cerpen di tribun ?? mohon infonya..trimakaaasih

  16. Arif//HU Bandung Ekspres | Balas

    Permisi,,,Mohon ijin
    Barangkali Butuh Informasi Mengenai Pemasangan Iklan Di HU.Bandung Ekspres(Jawa Pos Gruop)
    Bisa Hub. 022 70157839 – 087825150035
    Jl.Soekarno Hatta No.627 Bandung.
    Terima Kasih

  17. Klo mengirim satu artikel yang sama ke beberapa media bisa engga ya? maksudnya klo ga dimuat di koran yang satu siapa tau di koran yang lainnya dimuat, maksi

    1. Bisa, tetapi dianggap melanggar etika. Dampaknya, kalau diketahui, kita di-“black list”.

  18. Terima kasih banyak infonya!

  19. Saya indra mau iklan pengumuman sertifikat Rumah Pribadi hilang dan dpt format dr BPPN Panjang Sekail,Kira2 kalau mau Iklan dikoran apa ya yg biayanya murah…? mohon pencerahan….sy sudah tanya ke salah satu Koran Ternama Dibdg Hrganya Mahal Sekali…..!!!!! Malahan Lebih Mahal Dari Biaya Pengurusan Penerbitan Sertifikat Barunya..? Mohon Penjelasan yg Akurat,masa biayanya bisa fantastis sekali dan itu khan sifatnya cuma mengumumkan apabila dlm 1 bulan tdk ada yg klaim maka bisa melanjutkan pengajuan penerbitan sertifikat barunya…..Sekali lg sy mohon petunjuknya pak…..apakah memang prosedur nya iklan model seperti sy memang harga nya harus fantastis sekali gt? nasib rakyat biasa seperti sy ini tambah susah pak…..mudah2an sy dpt jawaban dari bapak2 yg lebih logis dan sesuai dg ketentuan yg berlaku di negri kita ini …terima kasih sebelumnya .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: