Koran Jeritan Rakyat dan Koran Suara Jalanan

Nama merek (surat kabar) itu unik dan menarik. Salah satu nama merek yang (tampaknya) telah menjadi generik yaitu “Rakyat”. (Bandingkan dengan nama generik “Kartini”). Ada koran “Pikiran Rakyat” (Bandung) dan ada juga koran “Kedaulatan Rakyat” (Yogyakarta) misalnya. [Oh ya, di Bandung ada “Suara Rakyat” dan “Suara Rakyat Merdeka” untuk menyandingkan dengan “Suara Merdeka” (Semarang) dan “Rakyat Merdeka” (Jakarta). Malah, ada nama yang sama seperti “Rakyat Pos” (Bandung) dan “Rakyat Pos” (Semarang)].

Dalam kesempatan kali ini, saya sebetulnya tidak akan membahas “Rakyat”, tetapi “Nama Merek yang Unik”. Dalam catatan koleksi saya, setidaknya saya memiliki dua koleksi yang unik yaitu koran “Jeritan Rakyat” (Edisi V, 19 Februari – 25 Februari 2002) dan koran “Suara Jalanan” (EDISI 16 TAHUN I, PEKAN KETIGA, SEPTEMBER 2005). Bahkan, nama merek koran “Jeritan Rakyat” (sebagaimana tertulis di dalam koran tersebut) telah didaftarkan di Kantor HKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Koran “Jeritan Rakyat” (Jurnalis Era Reformasi Indonesia Tanggap Akan Nasib Rakyat) diterbitkan oleh PT Pilar Sangkuriang Sakti dan dicetak oleh PT Palem Jaya Ariandne. Koran “Jeritan Rakyat” ini bermoto: “Suara Hak Asasi Manusia Indonesia”.

Sementara itu, dalam koran “Suara Jalanan” yang bermoto “Menyuarakan Aspirasi Rakyat” hanya ada tulisan PT Metron Media Mitratama selain nama para pengelolanya.

About these ads

5 responses

  1. semoga sukses dan ingin ikut gabung.

  2. Saya seorang Jurnalis di Kota Balikpapan,sangat tertarik dengan berita di Koran ini,gimana caranya kalau saya ingin bergabung sebagai wartawan.Terima kasih.
    Beny.S.Balikpapan Kalimantan Timur.Email:benysanger@yahoo.co.id
    Telp:0812 5344 1958
    Flexi :0542- 5650011

  3. bahrulmuniri@yahoo.com | Balas

    Kalau seumpama saya gabung ke koran anda gimana caranya ea,, mohon petunjuk

    1. Apakah kedua koran ini masih ada?

  4. bahrulmuniri@gmail.com | Balas

    Salam sejahtera bos dan sukses selalu bos, bisakah kalau koran anda melebar istilah ranting lagi kebetulan saya berdomisili di madura bos kalu seumpama bisa gimana caranya bos,, mohon petunjuk

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: