Media di HUT Kota Bandung: Sepi dan Tidak Ada Kejutan

Tanggal 25 September 2010 ini, tepat 200 Tahun Kota Bandung. Sebelumnya, HUT (Hari Ulang Tahun) Kota Bandung selalu diperingati setiap tanggal 1 April (1906). Namun, sejak tahun 1998, berdasarkan Perda (Peraturan Daerah) Kota Bandung No. 35 Tahun 1998 tentang Hari Jadi Kota Bandung, HUT Kota Bandung diperingati setiap tanggal 25 September (1810).

Berkaitan dengan pemberitaan seputar Kota Bandung, kata kunci “200 Tahun” tampaknya dianggap biasa saja. Tidak ada yang luar biasa. Perhatikanlah media harian yang terbit hari ini, Sabtu, 25 September 2010. Dari lima media harian regional (Pikiran Rakyat, Galamedia, Tribun Jabar, Radar Bandung, dan Bandung Ekspres) dan dua media nasional yang menghadirkan suplemen “Bandung-Jawa Barat” (Kompas dan Seputar Indonesia) tampak tidak ada pemberitaan lengkap seputar Kota Bandung sepanjang 200 tahun. Malah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang menyajikan sejarah Kota Bandung, tahun 2010 ini tampak sepi. Tulisan-tulisan yang ada seperti biasanya yaitu harapan dan kenyataan serta permasalahan Kota Bandung. Padahal, tadinya saya berharap kalau di hari jadinya yang memasuki 200 tahun, media-media di Bandung menyajikan edisi khusus lengkap yang tebal. Ya, lihatlah ketika era milenium (1000 Tahun). Saat itu, Kompas menghadirkan 80 halaman dan Media Indonesia 72 halaman.

Bukankah kelak, 100 tahun kemudian, warga Bandung akan mengenang bahwa di tahun 2010, media “A” pernah menerbitkan edisi 100 halaman misalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: