Bursa Majalah Bekas Cikapundung

Berjalan-jalan di kawasan Bandung Raya pada liburan Hari Raya Idul Adha 1431 H. (Rabu, 17 November 2010) ini sungguh mengasyikkan. Apalagi antara jam 09.00 WIB dan 12.00 WIB jalan-jalan masih relatif sepi. Jalan-jalan yang biasanya ramai oleh lalu lalang kendaraan bermotor, kali ini tampak mudah diseberangi. Selain karena hari libur kerja atau sekolah, mungkin di antara mereka sedang menikmati suasana penyembelihan hewan qurban. Tentu saja kawasan Bandung Raya yang saya maksud ialah jalan-jalan menuju tempat tujuan saya kali ini: Bursa Majalah Bekas di Jalan Cikapundung Barat, Kota Bandung dan kawasan alun-alun kota Bandung. Di tempat ini tersedia majalah-majalah, buku-buku, dan komik-komik bekas.

Dari perbincangan dengan salah seorang penjual yang mengaku telah bekerja di tempat ini sejak tahun 1969, bursa majalah bekas ini telah ada sejak tahun 1969. Sampai tahun 1973, koran-koran masih ada. Kini, hanya majalah saja. “Dulu dari Medan dan Padang, ada,” ungkapnya. Menurutnya, bursa majalah bekas yang tinggal menyisakan 20 orang pelaku ini, mulai beroperasi pada jam 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Jalan Cikapundung Barat, Kota Bandung memang sudah dikenal sebagai ikon bursa majalah bekas. Sementara untuk bursa surat kabar baru —koran/tabloid/majalah— tempatnya di Jalan Cikapundung Timur, Kota Bandung. Waktunya, subuh menjelang pagi. Maklum, berbagai surat kabar itu harus segera menemui para pembaca dan pelanggannya di pagi hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: