Koran Metro Bandung

Tanggal 23 Februari, sebelas tahun yang lalu, telah terbit edisi perdana koran Harian Umum Metro Bandung. Saya pun sempat membeli Metro Bandung edisi Rabu, 23 Februari 2000/No. 001/Tahun I. Saya masih ingat dengan gaya berpromosi Metro Bandung. Saat itu, hampir di setiap perempatan lampu merah “diramaikan” oleh seseorang yang dicorat coret (mirip aksi demonstrasi) yang berdiri dan sambil memegang Metro Bandung. Peristiwa itu, selain dilihat secara langsung oleh saya, terekam pula dalam salah satu berita di TVRI Bandung dan keesokan harinya di salah satu surat kabar (Galamedia).

Metro Bandung merupakan media yang diterbitkan oleh PT Bandung Media Grafika (Kelompok Kompas Gramedia). Sejak 18 Februari 2005, nama Metro Bandung berganti nama menjadi Tribun Jabar. Itulah mengapa dalam ulang tahun Tribun Jabar kemarin dan tahun-tahun sebelumnya ditulis selamat HUT ke-11 PT Bandung Media Grafika dan ke-6 Tribun Jabar.

Jika saya memperhatikan kelahiran Metro Bandung sebelas tahun yang lalu, saya melihat nama-nama “pejabat tinggi” mereka adalah “pejabat tinggi” di Harian Umum Mandala yang telah lama tidak terbit. Maklum saja, Mandala sempat masuk ke dalam Kelompok Kompas Gramedia. (Sebagai catatan pula, sebelum bernama Galamedia, Gala sempat dimasukkan ke dalam Kelompok Media Indonesia dan Kelompok Kompas Gramedia).

Dalam era Reformasi, Galamedia pun menjadi bagian Grup Pikiran Rakyat. Hal yang wajar. Inilah strategi bisnis media. Untuk membentengi Pikiran Rakyat yang bernuansa Jawa Barat, kelompok ini memiliki Galamedia sebagai Koran Bandung-nya sebagaimana Radar Bandung dan Bandung Ekspres (Jawa Pos Group) dan Tribun Jabar (Kelompok Kompas Gramedia).

1 Comment »

  1. 1

    Saya pemilik http://www.metrobandung.com yang saat ini parkir di SEDO.COM. Bagi yang berminat membeli domain metrobandung.com, silahkan ajukan penawaran di SEDO atau via email tawardomain.com


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: