26 Tahun SWA Sembada (10 April 1985-2011)

Untuk menentukan hari ulang tahun atau hari jadi suatu media tergantung pada media yang bersangkutan. Meskipun telah menerbitkan (beberapa) edisi perkenalan, hari jadi diambil dari waktu edisi perdana diterbitkan. Selain itu, ada pula yang mengambil waktu ketika suatu media beredar pertama kali di pasar meskipun telah beberapa waktu yang lalu edisi perdananya diterbitkan.

Fakta ini terjadi pada hari jadi majalah SWA Sembada. Meskipun majalah SWA Sembada beredisi perdana pada 1 Februari 1985, jajaran manajemen menetapkan hari jadi pada 10 April 1985 yaitu waktu ketika majalah SWA Sembada beredar pertama kali di pasar.

Lalu, Yayasan Sembada Swakarya menggandeng PT Grafiti Pers (penerbit majalah Tempo) untuk bekerja sama menerbitkan majalah SWASEMBADA. Yayasan Sembada Swakarya bertindak sebagai penerbit, sedangkan PT Grafiti Pers bertanggung jawab atas pengelolaannya (kebijakan redaksional, produksi, pemasaran, dan semua aktivitas usaha SWASEMBADA).

Pihak yayasan mewakilkan Bakir Hasan (pemimpin umum) dan Sutjipto (wakil pemimpin umum), sedangkan PT Grafiti Pers mewakilkan Goenawan Mohamad (pemimpin redaksi) dan Eric Samola (pemimpin usaha).

Dalam perkembangannya, majalah SWA Sembada ini menerbitkan majalah MIX. Dua nama pengelolanya yang saya “tahu” ialah Bambang Halintar dan Kemal Effendi Gani. Ya, di majalah MIX, Bambang Halintar merupakan pemimpin umum dan Kemal Efendi Gandi sebagai pemimpin redaksinya (selain A. Edhy Aruman sebagai redaktur eksekutif dan Dyah Hasto Palupi sebagai redaktur kompartemen.

Oh ya, ternyata, keempat nama itu sempat mengelola tabloid Marketing (kini berformat majalah), suatu majalah yang kemudian sama bersegmen sama dengan majalah MIX. Saat itu, tabloid Marketing dikelola oleh Bambang Halintar, Kemal Effendi Gani, dan Dyah Hasto Palupi, masing-masing dengan jabatan yang sama. A. Edhy Aruman? Di tabloid Marketing, ia menjabat sebagai wakil pemimpin redaksi (karena tidak ada jabatan redaktur eksekutif).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: