Femina Group

Pada suatu masa, Widarti Gunawan, Mirta Kartohadiprodjo, dan Atika Makarim hendak menerbitkan sebuah majalah perempuan. Ketiga perempuan yang saling bersahabat itu ingin menginspirasi kehidupan perempuan yang tidak hanya sebagai “ibu rumah tangga”, tetapi juga “perempuan karier”. Sambutan pun datang dari Sofjan Alisjahbana yang kebetulan keluarganya memiliki sebuah percetakan.

Akhirnya, lahirlah majalah Femina pada tahun 1972 yang ber-stafredaksi-kan keempat orang tersebut. Pada awalnya, majalah perempuan ini terbit bulanan, tetapi sejak tahun 1980 terbit mingguan. Kantor redaksi majalah Femina pun berpindah dari kawasan Jalan Kebon Kacang ke kawasan H.R. Rasuna Said Kav. B 32-33 Jakarta Selatan.

Pada tahun 1973, Pia Alisjahbana (istri Sofjan Alisjahbana) membidani lahirnya “anak” majalah Femina yaitu majalah Gadis. Majalah remaja Gadis sebagai anak dari majalah Femina ini ternyata menjadi awal berkembangbiaknya media-media dalam Femina Group, baik media asli maupun media lisensi. Semuanya majalah, termasuk tabloid Cita Cinta yang berubah format menjadi majalah.

Oh ya, kalau anda mempunyai kepentingan ke sana (redaksi Femina Group), inilah langkah-langkahnya. Kebetulan pada tanggal 4 April 2011, saya berkesempatan untuk berkunjung ke lokasi Femina Group. Perjalanan ke sana bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki (kalau tidak capek he he he), mobil pribadi, taxi, motor ojeg, atau angkutan umum (seperti bus mini Kopaja No. 20 jurusan Lebakbulus-Senen). Jika anda mulai (start) berjalan dari arah Jalan Jenderal Gatot Subroto (Jakarta), telusurilah Jalan H.R. Rasuna Said (Jakarta) sampai sebuah taman. Letak taman itu berada di antara Setiabudi Building dan Wisma Bakrie. Lalu, di taman itu ada jalan dan berjalanlah 30-50 meter sampai menemukan Elbenezer Building. Setelah di Elbenezer Building, beloklah ke kanan dan berjalan 30-50 meter. Di situ anda akan menemukan suatu tempat: di kiri Masjid Al Bayyinah dan di kanan Gedung Femina Group.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: