6 Tahun Seputar Indonesia (30 Juni 2005-2011)

Kamis, 30 Juni 2011 ini, surat kabar atau koran harian Seputar Indonesia (SINDO) tepat berusia 6 tahun. Sebelumnya, 29 Juni 2005, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan dan sekaligus meluncurkan (launching) koran Seputar Indonesia di Balai Sarbini, Jakarta. Inilah coretan Presiden SBY yang dimuat di koran Seputar Indonesia edisi No. 1/Tahun ke-1, Kamis, 30 Juni 2005: “…Kehadiran Harian Seputar Indonesia, semoga bermanfaat bagi rakyat Indonesia. Dengan memohon ridho dari Tuhan YME, Harian Seputar Indonesia diluncurkan. Tertanda Susilo Bambang Yudhoyono, Balai Sarbini, 29 Juni 2005…”. Koran Seputar Indonesia diambil dari nama program acara berita di RCTI (MNC Group) yang bernama “Seputar Indonesia” (sebelumnya “Seputar Jakarta”).

Namun, tahukah anda dengan “perjuangan” saya untuk mencari dan memperoleh koran Seputar Indonesia? Tanpa bermaksud untuk mengumbar “perjuangan”, saya benar-benar menikmati niat (apa yang dikerjakan tergantung pada niatnya), kesungguhan (kerjakanlah dengan sungguh-sungguh), dan tujuan (kalau anda tidak tahu mau kemana maka anda tidak akan kemana-mana).

Pada saat itu, di Jakarta, saya berniat untuk mencari dan memperoleh koran Seputar Indonesia edisi perdana. Maklum, beberapa hari sebelumnya sudah diiklankan di televisi. Sayang, di tempat kost saya yang jauh dari lapak koran, termasuk perjalanan saya menuju kantor yang tidak menemukan tukang koran, membuat saya harus bisa menahan diri untuk siap-siap tidak memperoleh koran Seputar Indonesia edisi perdana.

Tiba-tiba, di kantor, salah seorang rekan kerja saya membawa koran Seputar Indonesia berhalaman “News” (halaman 1-8) dan “Lifestyle” (halaman 17-24). Lalu, kemana halaman 9-16 yang kelak saya ketahui sebagai halaman “Sports”? Beruntung teman saya itu baik hati. Ia akhirnya memberikan koran Seputar Indonesia itu kepada saya karena ia tahu bahwa saya seorang yang senang mengoleksi media.

Untuk melengkapi kekurangan itu, sepulang kerja, saya berkeliling Jakarta. Sampailah di terminal Kampung Rambutan. Ketemu? Tidak! Kata para penjual koran: “Wah sudah habis!”. Tentu saja saya kecewa.

Namun, Alhamdulillah, tiba-tiba salah seorang penjual koran memberikan saya koran Seputar Indonesia secara cuma-cuma (gratis). Uniknya, yang diberikan hanya halaman “Sport” (halaman 9-16) karena yang ada hanya itu. Jadilah koran Seputar Indonesia saya lengkap yang terdiri dari halaman “News, Sports, and Lifestyle”.

Baca juga:

MNC Group

2 Comments »

  1. 1
    mashudi Says:

    seingat saya kalo ga salah koran sindo pertama terbit pas bareng dengan konser slank di menteng. waktu itu hari sabtu, saya ada di bus P08 ac jurusan blok m – pulo gadung, nah di bus itu saya pertama kali lihat tukang koran jual koran sindo . hari itu juga kayaknya peresmian slanker pekalongan oleh slank.

    • 2
      novanmedia Says:

      Dalam dokumentasi, edisi No. 1 terbit pada hari Kamis, 30 Juni 2005. Kalau Sabtu, berarti sebelumnya 25 Juni 2005 dan sesudahnya 2 Juli 2005. By The Way, saya suka dokumentasi dan daya ingat. Terima kasih atas informasi pembandingnya.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

