Koran Sinar Pagi, Sinar Pagi Baru, dan Sinar Pagi Nusantara

Era orde baru dan era orde reformasi tentu berbeda. Setiap permasalahan pun berbeda pula. Dari era “tidak bisa berbuat apa-apa” hingga era “bisa berbuat apa saja”. Dalam konteks seorang kolektor media, saya merasa beruntung mengoleksi media yang sedikit mengungkapkan sejarah kepemilikan media. Sebutlah pada koran Sinar Pagi.(Kisah sejarahnya memang harus diverifikasi).

Pada awal-awal era reformasi, berbagai media “menyerbu” Bandung. Salah satunya, koran Sinar Pagi. Dalam perkembangannya, ketika berada di Yogyakarta (tahun 2002), saya beruntung memperoleh koran Sinar Pagi Baru. Lalu, ketika berada di Jakarta (tahun 2005) saya pun memperoleh koran Sinar Pagi Nusantara. Suatu rangkaian perjalanan secara kebetulan.

Apa kisah sejarahnya?

Koran harian umum Sinar Pagi yang bermoto “Pembawa Suara Persatuan dan Dinamika Pembangunan Bangsa” merupakan media yang diterbitkan oleh PT Sinar Pagi Nusatama. Dalam koran Sinar Pagi edisi Selasa, 15 Agustus 2000 No. 9009 Tahun ke-30 dimuat para pengelolanya, antara lain: Pendiri: Charly T. Siahaan (1972-1988), Pemimpin Umum: Ny. Syamsoeinar, Wakil Pemimpin Umum: Rahim Soekasah, Tumpak Rendra Siahaan, Pemimpin Redaksi: Adek Alwi, Redaktur Pelaksana: Prayan Purba, dan Asisten Redaktur Pelaksana: Kardinal B. Sihotang, serta Koordinator Liputan: Muchsin Lubis, Yoyok B. Pracahyo. Alamat Redaksi/Tata Usaha/Iklan: Komplek Duta Mas Blok B.1 No. 19-20-21 Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Sementara itu, dalam koran harian umum Sinar Pagi Baru edisi 154 Tahun 2002 yang bermoto “Dinamika Pembaruan & Pembangunan” dimuat berita berjudul “Sinar Pagi Noktah Merah Ilegal: Kemelut Sinar Pagi”. Tampak kronologi tentang kepemilikan diungkap. (Maaf, saya tidak menuliskan kronologinya untuk anda). Dalam koran Sinar Pagi Baru ini dimuat pula, BADAN PENERBIT: Koperasi Karyawan Harian Sinar Pagi (KKSP) Badan Hukum Nomor: 1874/BH/1985 Tanggal 20 Pebruari 1985. Alamat Redaksi/Tata Usaha koran Sinar Pagi Baru ini di Jl. Raya Poncol No. 19 Susukan, Ciracas, Jakarta Timur.

Lalu, mari kita beralih ke koran harian umum Sinar Pagi Nusantara beredisi 19/06/THN I/1-7 Juni 2005 yang bermoto “Suara Hati Rakyat”. Masih di halaman pertama, tertulis Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: Kardinal B. Sihotang dan Alamat Redaksi/Usaha: Jl. Permata No. 5 Halim PK Jakarta Timur 13650.

39 Comments »

  1. 1
    Anonim Says:

    just it?

  2. 2
    Anonim Says:

    adakah nama wartawannya Bukrie coma nasution?

    • 3
      novanmedia Says:

      Wartawan Sinar Pagi/Sinar Pagi Baru/Sinar Pagi Nusantara? Maaf, saya tidak mengetahui perkembangannya. Namun, dalam koleksi lama saya, nama yang bersangkutan tidak ada.

      Kalau pun bukan nama dari koran-koran tersebut, saya sulit untuk mengeceknya di media-media koleksi saya🙂

  3. 5
    willy Says:

    Jadi sebenarnya harian ini masih ada atau sudah tidak lagi eksis?

    • 6
      novanmedia Says:

      Saya sendiri tidak tahu. Entah bagi yang lain. Ketika di Bandung dan di Jakarta, sudah lama saya tidak menemukannya lagi. Padahal dulu beredar luas.

    • 7
      Anonim Says:

      kalau sinar pagi baru masih ada mas… hanya saat ini masih terbit 2x seminggu setiap hari senin dan kamis sejak tahun 2001. pemasaran terbatas. silahkan kunjungi fb kami di sinarpagiwisata@yahoo.com atau website kami sinarpagibaru.com.
      terima kasih atas perhatiannya. hormat saya, RINALDO, SH (GM)

  4. 8
    Anonim Says:

    adakan nama wartawan yang bernama sofyan

  5. 9
    Anonim Says:

    saya dari redaksi sinar pagi baru, terima kasih atas tulisan ini. hormat saya, RINALDO, SH General Manager. 0877.8890.5498

  6. 12
    Anonim Says:

    Nama media kami SINAR PAGI “Baru” adalah perjuangan kami (khususnya Bapak TUNGGAL SARAGIH, SH) ketika melawan pembelian SINAR PAGI dari Yayasan Pers El Horas ke Bakrie Group (1996). sepanjang perjalanan hukum hingga tahun 2001 nampaknya hukum belum berpihak kepada perjuangan kami, kasus ini hanya “peti es”. kemudian kami membuat terbitan tandingan nama “baru” dibelakang SINAR PAGI sebagai bentuk perjuangan melawan SINAR PAGI terbitan Bakrie Group. saat itu hanya SINAR PAGI “Baru” dengan SINAR PAGI milik Bakrie yang ada. akan tetapi ternyata saat ini, nama SINAR PAGI banyak yang bermunculan… tetapi kami tetap menggunakan nama SINAR PAGI “Baru” dengan kelengkapan SIUP, TDP, NPWP, DOMISILI yang lengkap sesuai undang-undang yang berlaku dan terdaftar di DEWAN PERS. untuk itu kami tidak mempermasalahkan masalah nama tersebut, sekarang bagaimana kita berjuang untuk membesarkan media masing-masing dan di terima oleh masyarakat. MAKA DENGAN INI KAMI SAMPAIKAN BAHWA SINAR PAGI “BARU” adalah SINAR PAGI “BARU”. dan kami memiliki sejarah panjang atas nama tersebut. jika ada media lain yang mengatasnamakan SINAR PAGI yang silahkan saja, KAMI TETAP ADALAH SINAR PAGI “BARU”. -salam perjuangan-. ttd RINALDO, SH.

  7. 14
    dudi prasetya Says:

    bang, rinaldo, untuk biro cirebon siap perjuangkan , sinar pagi,:baru: hingga bersaing di tingkat nasional, dan kembali berjayanya sinar pagi baru

  8. 17
    lbnri Says:

    apalah arti sebuah nama media. wartawan dikenal karena tulisannya…. walau nama medianya beguattuk pos, tetapi bila karya jurnalis mantap, niscaya nama media tsb juga akan terkenal seiring dengan perjalanan waktu dan perjuangannya. Salam anak bangsa…….

    • 18
      Anonim Says:

      BETUl sangat bang… tapi terkadang media sinar pagi lain suka menjelekkan… tapi kami menunjukkan eksistensi dan kinerja. walalu belum besar saat ini SINAR PAGI BARU telah terbit senin dan kamis sejak 2001. terima kasih. untuk melihat eksistensi kami juga aktif di website, facebook: sinarpagiwisata@yahoo.com, twitter, dll…. terima kasih atas perhatiannya.

  9. 19

    Salam kenal bang …. kami penganggum media SINAR PAGI , bagaimana caranya ikut gabung menjadi reporter untuk memulihkan kejayaan media ini , kami jurnalis Klaten siap bantu . thanks !

  10. 20
    Anonim Says:

    kepada yth, Novanmedia: kami bersedia jika setiap terbitan media kami dikirim ke alamat bpk/ibu/sdr. mohon dapat di konfirmasi alamatnya kepadakami. terima kasih. hormat saya. RINALDO, SH. 0821.1203.1238

  11. 21
    Anonim Says:

    bang tolong berita dari Probolinggo Jawa Timur juga di masukkan ke sinar pagi baru.com dunk…

  12. 22
    gustiar Says:

    Siap bang saya akan perjuangkan untuk lebih eksis dalam bertanya

  13. 23

    Tahun 1998 saya pernah gabung dengan sinar pagi dibawah kepemimpinan bapak tunggal saragih, sh . karena waktu itu saya sibuk dipartai terpaksa saya berhenti. sekarang sudah tak jadi pengurus partai lagi saya ingin gabung kembali. salam buat bapak tunggal saragih.

  14. 24
    Juliussafruddin Says:

    Kepada yang terhormat kepada Bapak Rinaldo SH PimRed harian umum Sinar Pagi Baru, agar tidak bosan-bosan memberikan masukan kepada saya Juliyussyafruddin, yang Bapak percayakan untuk mengembangkan media yang Bapak Pimpin. Salam Hormat saya SUMUT

  15. 25

    Harian Umum Sinar Pagi memang sudah lama tidak terbit, namun bak jamur di musim hujan “Spirit Sinar Pagi” melahirkan sinar pagi lain yang eksis menyuarakan nurani rakyat.

  16. Sinarpagi”Baru ” Sudah di kenal Masyarakat di seluruh penjuru Nusantara RI ( Republik Indonesia ),itu berkat kegigihan dari Karyawanya yang bekerja di Daerah ,selamat berjuang semoga tetap sukses,

  17. 27
    suparno Says:

    Pasuruan jawa timur , siap membantu dengan semangat perjuangan.

  18. 28
    Efendi Says:

    Kepada yth.
    Bpk pimred harian sinar pagi baru
    Mhn info, apakah media bpk membuka biro di kabupaten, jika berkenan saya ingin gabung di media bpk.
    Demikian mhn jawaban,
    Efendi
    kabupaten seruyan – Kalteng

  19. 29

    Apa ada wartawan yg bernama iwan untuk wilayah jabar khususnya cerbon indramayu terima kasih sinar pagi . Suwun

  20. 30
    aditya Says:

    apakah bp haji ahmad supriadi masih menjadi karyawan sinar pagi baru ??? mksih

  21. 31
    eva lusiana Says:

    Maaf pa rinaldo wartawan sinar pagi ke kantor sy suka minta uang (istilahnya uang transport)tp ga mau klo dikasih cm 30.000 marah mereka kok wartawan sinar pagi gitu ya

  22. 32
    ayu Says:

    apakah sampai detik ini sinar pagi masih terus terbit??mhon diberikan infonya trmksih

  23. 33

    Salam Sejahtera,,
    ingin konfirmasi saja mengenai surat yang masuk ke sekolah kami yang atas Nama Harian Umum Sinar Pagi “Pembawa Suara Rakyat”
    tertanggal 23 maret 2016 Nomor surat :058/HU-SP/III/2016 perihal permohonan Bantuan dengan maksud akan mengadakan Rakernas dan peringatan Hut ke 46 Harian Umum Sinar Pagi….

    jika memang benar mengapa stempel dan tanda tangan harus scaneran…. tak apalah kami menyumbang demi pembangunan Demokrasi serta pengembangan informasi di Negeri ini..
    namun jika surat ini bodong maka kami mohon kepada dewan pers nasional khususnya Harian Umum sinar Pagi agar menindak oknum tersebut…

    jujur kami mengalami kesulitan mencari alamat redaksi serta kontak resmi pemilik penerbit Harian Umum Sinar pagi sebab karena banyaknya surat kabar yang persis namanya… Salam hormat

  24. 34
    gilang Says:

    Ada salah satu wartawan ini koran minta uang (memeras) tolong pimpinan redaksi menindak hal seperti ini. Ini menyalahi kode etik.. dan tindakan tersebut bisa kita laporkan..

  25. 35
    irlan Says:

    Spb mantab..

  26. 36
    tukko gultom Says:

    Punya no tlp sujono siarif ngak.kalo punya tlng sms ke 081389345431.dia wartawan untuk wilayah tangerang…

  27. 37
    Anonim Says:

    besar dan tidaknya sebuah media tergantung pengelolaan menejemenya itu menurutku. jangan terlalu menegok ke belakang dengan masa lalu. jutru yang ada di depan yang harus kita perjuangkan.

  28. 38
    didi Says:

    Bapak ane dulu kerja di sinar pagi yang di jakarta , Nama bapak saya zainuri

  29. 39
    Anonim Says:

    Maaf Pk sy mau tanya ,mengenai Nama Sinar Pagi produk koran,setahu sy nama Sinar pagi sepengetahuan dan yang sy dengar dari sejak thn 70 an ?…Siapa pemilik Merek Sinar Pagi yang sebenarnya ?… kerena sy dengar pula banyak yang menggunakan nama Sinar Pagi dngn produk yang sama tapi berbeda2 pengelolanya, Ada Sinar Pagi Baru,Sinar Pagi Indonesia,ada juga sinar pagi nwes,ada juga Koran Sinar Pagi ?… sedangkan Klo bicara Merek otomatis ada UU Merek yaitu UU No 15 thn 2001 tentang Merek adalah merek pada Pokonya..Contoh misalnya Merek Sinar Pagi. terlepas ada nama embel2 belakang ?,,,tks dn sy tunggu penjelasannya


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: