Tabloid Komunika: Menuju Demokrasi Sejati

Tahun 2001 merupakan tahunnya Bung Karno —panggilan Soekarno sebagai mantan Presiden RI. Pada tahun itulah, Bung Karno genap berusia 100 tahun dihitung sejak tahun kelahirannya. Mengapa saya menulis “sejak kelahirannya”? Ya, karena Bung Karno yang lahir pada tanggal 6 Juni 1901 sudah meninggal dunia pada tanggal 21 Juni 1970. Itu artinya, kalau dihitung pada tahun 2001, sudah 31 tahun yang lalu, Bung Karno sudah tiada. Nama Bung Karno sendiri sebetulnya sudah dimunculkan kembali sejak era reformasi (21 Mei 1998).

Pada tahun 2001 itulah media-media di Indonesia menyajikan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan Bung Karno. Kalau diperhatikan, tampaknya hampir setiap hari. Selain itu, ada beberapa media di Indonesia menyajikan edisi khusus 100 tahun Bung Karno. Saya sendiri mengoleksi edisi khusus 100 tahun Bung Karno itu dari koran Media Indonesia, koran Republika, koran Pikiran Rakyat, dan koran Metro Bandung (kini, koran Tribun Jabar), termasuk koran Kompas. Sebagai catatan, jika keempat media pertama yang saya sebutkan menampilkan empat halaman maka koran Kompas sebanyak 80 halaman.

Terlepas dari itu, dalam tulisan kali ini, saya ingin menceritakan tabloid Komunika. “Beruntung” pada masa ini saya berada di Kota Surabaya sehingga tabloid Komunika edisi perdana bisa saya dapatkan. Ya, edisi perdana dan edisi khusus merupakan koleksi favorit saya. Khusus untuk edisi perdana, dalam edisi inilah saya memperoleh ilmu yaitu sejarah media yang bersangkutan dan visi-misinya.

Nah, tabloid Komunika Edisi 1/Tahun I, 1-14 Juni 2001 ini dalam cover-nya menampilkan foto Bung Karno beserta judul “Napak Tilas Olah Pikir Bung Karno”. Selain judul utama itu, ada juga dua judul lainnya dalam cover yaitu “Surat Terbuka Dewi Soekarno” dan “Otonomi Daerah: Kesejahteraan Rakyat atau Pejabat?”.

Inilah para pengelola tabloid Komunika: Pimpinan Umum/Redaksi: Gembong Algojo, Pimpinan Perusahaan: Dede Supriatna, Sekretaris Redaksi: Shinta Yuliana, Redaktur Pelaksana: David Kris dan Dwi Setyo, Redaksi: Agung Hadi Purnomo, Idi Fiantino, Sukiswantoro, dan Wahyu Setyo Wacono, Manajer Marketing: Anggarjito, Redaktur Ahli: Dede Oetomo, Sirkulasi: Purwanto, Diterbitkan oleh: Komunitas Mulyorejo, dan Alamat Redaksi/Tata Usaha: Jl. Mulyorejo Tengah, Madrais No. 2, Surabaya.

Bagaimana? Ada hal yang menarik?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: