Koran Plat Merah

Berjalan-jalan naik kereta api dari stasiun ke stasiun merupakan hal yang mengasyikkan. Tampak ada suasana sejarah di sini. OK, dalam blog ini saya tidak akan membicarakan perkeretaapian, tetapi, sebagaimana biasa, berbicara tentang media saja. Stasiun hanyalah salah satu sumber saya untuk memperoleh koleksi media.

Ya, di Stasiun Cicalengka, saya memperoleh koleksi media yang baru. Namanya, koran Plat Merah beredisi Minggu I Juni 2012. Media yang bermoto “Bongkar Fakta, Tajam & Terarah” dan memiliki tebal 16 halaman ini dibanderol dengan harga Rp 2.000,- meskipun dalam praktiknya ketika saya membeli, koran Plat Merah ini “masih” berharga Rp 1.500,-. Mungkin masih promosi ya?!

Koran Plat Merah edisi Minggu I Juni 2012 ini menampilkan headline “Plat Merah Tidak Boleh Pakai Premium”. Koran Plat Merah ini berisi dua halaman berwarna (hlm. 1 dan 16) dan 14 halaman hitam putih (hlm. 2-15).

Kesan saya, desain grafis atau lay-out koran Plat Merah edisi Minggu I Juni 2012 ini bagus. Bahkan lebih dari bagus. Rapi. Menarik. Sayang, isi (content) media mingguan (?) ini masih terkesan menampilkan gaya jurnalistik harian.

Sebagai media yang baru, koran Plat Merah ini masih menerima wartawan, account executive, sirkulasi, kepala biro untuk setiap kabupaten Bandung, desain grafis, dan agen tunggal koran. Hal itu tampak dalam salah satu iklannya yang ditampilkan di halaman 07. Koran Plat Merah yang diterbitkan oleh CV Dewi Fotuna (baca: entah-lah tidak ditulis Dewi Fortuna) dan dicetak oleh PT Percetakan dan Penerbitan Granesia (Grup Pikiran Rakyat) ini beralamat di Jalan Raya Timur Cicalengka No. 568 Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa-Barat, 40395. Itu kalau ditulis dalam box susunan redaksi. Kalau di halaman depan, tertulis Jalan Raya Bandung-Garut No. 368.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: