Majalah Kereta Api

Majalah Kereta Api. Ya, di hari ulang tahun (HUT) ke-67 PT Kereta Api Indonesia pada tanggal 28 September 2012 ini, saya sengaja membahas Majalah Kereta Api. Sebagai catatan, menurut kabar, Majalah Kereta Api ini bersifat independen. Artinya, nama majalah yang juga bisa disebut MKA ini merupakan majalahnya komunitas pencinta kereta api.

Diperhatikan secara sekilas, Majalah Kereta Api ini menampilkan desain grafis (baca: layout) yang menarik. Juga full colour. Lebih dari itu, isi (content)-nya merupakan sajian yang dibutuhkan khalayak pembacanya, termasuk tanya-jawab tentang perkeretaapian. Tentu tidak mudah. Di sinilah referensi dan sumber daya manusia dari pengelola media dibutuhkan.[Sesungguhnya bukan hanya media komunitas yang harus seperti itu.]

Saya menulis seperti itu karena dalam beberapa media komunitas lainnya disajikan asal-asalan. Terkesan kurang serius. Maaf, malas untuk memuaskan kebutuhan konsumen dengan alasan sumber referensi yang tidak tersedia sehingga kolom yang kosong pun diisi oleh info-info yang kesannya tidak nyambung. (Wah…, konsumen bisa lari…. Kalau gratis, ya asal diterima. Namanya juga gratis.)

Terlepas dari itu, berdasarkan pengamatan saya, media komunitas itu sebaiknya didominasi oleh objeknya (baca: info yang dibutuhkan komunitas) dan bukan subjeknya (baca: kelompok komunitas yang membutuhkan info). Kuncinya adalah memenuhi kebutuhan “rohani” pembaca.

Kembali ke Majalah Kereta Api. Berdasarkan pengamatan saya, Majalah Kereta Api ini hanya tersedia di beberapa tempat tertentu. Artinya, tidak ada di lapak-lapak koran.

1 Comment »

  1. 1
    sonnihadi Says:

    Cukup baik untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat luas, khususnya mereka yang bisa meng akses internet melalui media sosial


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: