Majalah Forum Wartawan Independen

Cerita ini masih ada di masa orde baru. Majalah Tempo, majalah Editor, dan tabloid Detik baru saja dibredel pada tanggal 21 Juni 1994. Lalu, apakah di antara mereka akan menerbitkan media lagi?

O…ow…, pada masa itu menerbitkan media (pers) tidak mudah. Bahkan sangat sulit. Menerbitkan media itu harus memiliki SIUPP (Surat Ijin Usaha Penerbitan Pers). Sebagian di antara pengelola majalah Tempo ada sih yang menerbitkan majalah Gatra. Ada juga sebagian pengelola majalah Editor yang menerbitkan majalah Tiras. Lalu, bagaimana dengan yang sebagian lagi?

Seiring dengan menunggu perubahan jaman, di antara mereka ada yang bergerilya. Ya, dalam hal inilah saya hendak menceritakan kelahiran majalah “Forum Wartawan Independen”. Majalah Forum Wartawan Independen ini tentu saja tidak ber-SIUPP.

Majalah Forum Wartawan Independen yang saya koleksi ini beredisi No. 9/1994. Majalah ini memiliki tebal 24 halaman hitam putih. Enam halaman di antaranya (hlm. 1, 2, 3, 4, 23, dan 24) berkertas tebal (baca: karton). Kok bisa? Karena setiap dua halaman kertas (baca: bukan empat halaman), dijepit hekter. Jadilah ia sebuah majalah.

Isi dan layout-nya? Menurut pandangan saya tidak jauh berbeda dari media-media kritis lainnya. Yang berbeda kan cuma penerbitnya ber-SIUPP atau tidak.

Harganya? Kalau tidak salah Rp 1.500,-.Sebagai perbandingan, harga surat kabar harian pada masa itu Rp 200,- hingga Rp 300,-. Saya masih ingat, media yang saya koleksi ini mungkin salah satu bukti ketika saya secara sadar atau tidak sadar mengoleksi media. Karena, secara sadar saya mengoleksi media sejak masa reformasi. Saya kira, anda sudah membaca alasannya di Redaksi Novan Media. Ya, saya membeli media (baca: majalah Forum Wartawan Independen) itu karena tertarik dengan apa yang namanya media. Padahal majalah ini dipasarkan dan dijual secara bergerilya loh.

Tinggalkan Balasan

