Tabloid Harian Olahraga BOLA

bolanews“Engke mah BOLA terbit harian (Nanti BOLA terbit harian),” ujar salah seorang penjual koran langganan saya. Ya, pernyataan itu ia ucapkan sejak dua minggu yang lalu. Kabar itu hampir mendekati kenyataan ketika saya membaca iklannya di tabloid BOLA edisi No. 2.513, Sabtu-Minggu, 1-2 Juni 2013 halaman 20 yang antara lain menampilkan tulisan: “Dengan senang hati kami umumkan bahwa sejak Jumat, 7 Juni 2013, kami akan terbit setiap hari dalam wujud Harian Olah Raga BOLA”. Iklan itu pun dimuat ulang dalam tabloid BOLA edisi No. 2.514, Senin-Rabu, 3-5 Juni 2013 halaman 32.

Akhirnya, hari Jumat, 7 Juni 2013, pagi ini, tabloid harian olahraga BOLA benar-benar terbit perdana. Tampak dalam genggaman saya tabloid harian olahraga BOLA edisi Jumat, 7 Juni 2013/No. 1/001. Tabloid harian olahraga BOLA edisi perdana ini memiliki tebal 24 halaman dengan harga per eksemplarnya Rp 3.000,- (harga promosi Rp 2.500,-). Oh ya, jangan lupa, ada poster timnas Belanda yang memakai kertas luks.

Bagi saya, sebagai kolektor media, kehadiran BOLA sebagai edisi harian sebetulnya tidak terlalu mengejutkan. Dalam ingatan saya, sebelum lahir media-media olahraga pasca-Reformasi (pertengahan tahun 1990-an), BOLA sempat akan menerbitkan edisi harian dalam rangka menyukseskan kampanye Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games XIV/2002. Namun, saya hanyalah sebagai pembaca yang belum tentu mengetahui keadaan sebenarnya di dalam manajemen BOLA. Toh dalam perkembangannya, BOLA masih terbit mingguan. Kalau pun menjadi dua kali seminggu, hal itu dipicu oleh kehadiran media olahraga baru yang bernama Media GO. Kalau pun akhirnya menjadi tiga kali seminggu alias SKS (Senin, Kamis, dan Sabtu), menurut hemat saya, hal itu dipicu oleh kehadiran beberapa media olahraga harian yang menjadi keniscayaan.

Selain itu, dalam tulisan terdahulu saya pernah menulis bahwa image tabloid BOLA pada media mingguan, sedangkan koran TopSkor pada media harian. Tampaknya, hal itu mendekati kenyataan ketika BOLA masih bertahan dengan edisi mingguannya yang tampak pada tulisan iklannya: “Selain Harian Olah Raga BOLA, Anda yang menginginkan liputan mendalam soal olah raga masih tetap akan bisa membaca Mingguan BOLA, yang akan terbit setiap Kamis dan edisi itu akan dimulai pada Kamis, 13 Juni 2013. Tampaknya tabloid BOLA berjuang di dua kaki nih. Apalagi soal harga, tabloid BOLA yang Rp 3.000,- masih di bawah koran TopSkor yang Rp 3.500,-. Jarang-jarang, bukan? Biasanya kan (dalam skala edisi mingguan) tabloid BOLA berada di atas media-media lainnya. Biasanya ada selisih Rp 500,-.

Kehadiran tabloid harian olahraga BOLA tampaknya tepat dengan moment kehadiran timnas Belanda di Indonesia. Ternyata pemikiran saya tepat. Perhatikan tulisan Bung Arief Kurniawan, Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab BOLA dalam rubrik “Sepuluh Jari” yang berjudul “Kami Hadir karena dan untuk Anda”: “Lalu, kenapa harus 7 Juni, bukan di bulan ‘sakral’ BOLA, Maret? Momen jelas dibutuhkan dan pertandingan bersejarah Indonesia vs Belanda kami jadikan momen bersejarah pula buat BOLA untuk hadir lebih cepat, lebih pagi, dan lebih aktual dalam bentuk harian olah raga”.

Selamat terbit untuk tabloid harian olahraga BOLA.

Tabloid Olahraga BOLA.

Media Olahraga? Ya Sepak Bola!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: