Tabloid Detak

Era Orde Baru Tumbang. Era reformasi yang dicirikan “21 Mei 1998” baru saja dimulai. Media-media yang bermerek baru pun bermunculan. Isinya beragam. Di antara media-media itu, ada salah satu media yang menarik perhatian saya. Namanya, tabloid Detak. Ya, dari Detik ke Detak, itu fokus perhatian saya. Sayang, satu-satunya koleksi yang berhasil saya simpan yaitu tabloid Detak edisi 29 September – 5 Oktober 1998, Tahun 001/Nomor: 012. Saya tetap menyimpannya karena tabloid Detak yang bermoto “Bacaan Bagi yang Berpikir Merdeka” itu merupakan edisi khusus (baca: membahas “G-30-S). Sajian isi dan desain grafisnya menarik. Tampaknya disajikan oleh sumber daya manusia yang profesional.

Tabloid Detak yang saat itu berharga Rp 2.500,- (Luar Jawa Rp 2.700,-) ini memiliki tebal 24 halaman. Kecuali hlm. 1 (cover), hlm. 2 dan hlm. 3 (sejenis “Suara Redaksi” dan “Suara Pembaca”), serta hlm. 24 (iklan satu halaman), seluruh halaman memakai nama rubrik “Laporan Utama”. Ya, karena “Laporan Utama”-nya tentang G-30-S.

Mengapa tidak ditulis “G-30-S/PKI”? Anda yang setuju atau tidak setuju dengan penulisan itu sebaiknya harus membaca secara keseluruhan. Jadi, tidak sepotong-sepotong. Itu pun kalau anda memiliki tabloid Detak edisi khusus tersebut untuk dibaca he he.

Agar memahami suasana kebatinannya pada saat itu, simaklah sebagian tulisan yang terdapat pada halaman pertama: “…PKI harus diganyang. Tapi yang tak kalah penting untuk dilenyapkan adalah kebiasaan Orde Baru menuduh orang/kelompok yang tidak disukai sebagai PKI. Sekelompok anak-anak muda tak mau dikekang dicap PKI. Sekelompok masyarakat yang tak mau digusur dari tempat tinggalnya dicap PKI. Sopir-sopir truk yang tak mau dipungli di jembatan timbang dituding PKI. Kalau perlu ke-PKI-annya dicantumkan di KTP. Orang dibuat takut seumur hidup, sedang enaknya diambil sendiri. Sudah begitu sarat korupsi dan kolusi…”.

Pada masa itu (baca: masa awal reformasi), referensi tentang G-30-S dengan PKI atau tanpa PKI masih jarang. Jadi, kehadiran “Laporan Utama” tabloid Detak ini tentu menarik perhatian pembaca.

2 Comments »

  1. 1
    Tanti tea Says:

    Salam kenal. Anak saya sedang membuat tulisan ttg G30S utk keperluan sekolahnya. Apakah saya bisa mendapatkan softcopy dr edisi khusus ini? Berapa biayanya? Terima kasih sebelumnya atas bantuan Anda.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: